LATAR BELAKANG MENDIRIKAN TPQ


Menjadi Penjaga Sekolah

Awal Agustus 2020, pak Riyan, orang tua Fajar Shidiq mendapat tawaran dari guru-guru SDN 02 Batu Balang menjadi penjaga sekolah. Pak Feri penjaga sekolah sebelumnya sudah mengundurkan diri karena ia sibuk mengurus nagari, ia sudah menjabat sebagai KAUR Pembangunan di nagari Batu Balang, sebelumnya ia adalah wali jorong di Padang Ambacang itu.

Gedung SD tersebut terletak di jorong Padang Ambacang, berjarak hanya beberapa meter saja dari rumah yang ditinggali pak Riyan. Ibu Eva guru SD tersebut datang menemui pak Riyan membujuknya untuk menerima tawaran sebagai penjaga sekolah. Datang pula kepadanya ibu Eda dan ibu Ema pengurus komite sekolah.

Pak Riyan bermusyawarah dengan keluarganya, memikirkan secara matang keputusan apa yang harus diambilnya. Rumah yang ia tempati ketika itu berstatus sebagai rumah kontrakan, jikalau menjadi penjaga sekolah, tentu ia akan mendapatkan jatah rumah dinas pula, berkuranglah bebannya setiap bulan untuk biaya kontrakan rumah. Anak sulungnya Ardela Nofrianti setuju sekali pindah ke rumah dinas di SD itu.

Disamping rumah dinas itu terdapat mushalla yang sudah lama tidak dipakai, kondisi sekelilingnya semak serta kotor. Mereka sekeluarga berharap nanti di mushalla itu Ardela (Dela) bisa mengajar mengaji dan Dela bisa pula membuka les. Dela memiliki keterampilan membaca Al-Quran secara Tarannum dengan Irama Tartil dan Irama-irama yang bertingkat-tingkat, dulu ia belajar di TPA Al-Falah Simpang Empat Tanjung pati. Di bulan Ramadhan ia sering pula mengikuti musabaqah Tilawatil Qur'an.

Dulu lebih dari 10 tahun pak Riyan beserta keluarganya tinggal di salah satu rumah dinas guru di SD tersebut, kemudian ia pindah mengontrak rumah di tepi jalan. Ia sudah mengenal seluk-belum area tersebut, dan ia juga sudah kenal dekat dengan guru-guru SD tersebut. Pak Riyan adalah warga asli Padang Ambacang yang telah tinggal menetap di sana sejak dari nenek-moyangnya dulu.

Sebenarnya banyak lamaran pekerjaan masuk ke kepala sekolah SDN 02 Batu Balang untuk menjadi penjaga sekolah, namun condong mata yang banyak tetap kepada pak Riyan saja.

Salah seorang pengurus komite sekolah menelpon pak Riyan menanyakan lagi kesediaannya untuk menjadi penjaga sekolah. Hari itu juga pak Riyan menemui ibu Nurainarti, S.Pd, M. Mpd kepala sekolah SDN 02 Batu Balang tersebut di kantornya dan menyatakan kesediaannya untuk menjadi penjaga sekolah. Ketika itu ia juga mengutarakan keinginannya untuk memanfaatkan fasilitas mushalla di SD tersebut sebagai tempat shalat berjama'ah dan belajar mengaji. Kepala sekolah sangat menyetujuinya dan memberi uang kepada pak Riyan untuk membeli peralatan untuk membantu tugasnya.

Maka pada hari Rabu tanggal 12 Agustus 2020 pak Riyan mulailah bekerja sebagai penjaga sekolah SDN 02 Batu Balang itu dan ia juga tinggal di rumah dinas yang terletak di komplek SD tersebut.

Lanjutkan membaca:

Mengaji di Mushalla


Kembali ke Tentang Kami

-------------------------------------------------------
Update terakhir
Sabtu, 13 Maret 2021
Pukul 12.15